Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Judul, Fokus Penelitian , dan Pedoman Wawancara


JUDUL PENELITIAN

IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA KITAB FIQIH DI PONDOK PESANTREN NAHDLATUL MUBTADIIN JATIMULYO JENGGAWAH JEMBER TAHUN 2020/2021

FOKUS PENELITIAN

1. Bagaimana perencanaan implementasi metode sorogan dalam pembelajaran membaca kitab fiqih di Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin?

2. Bagaimana pelaksanaan metode sorogan dalam pembelajaran kitab fiqih di Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin?

3. Bagaimana evaluasi metode sorogan dalam pembelajaran membaca kitab fiqih di Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin?


PEDOMAN WAWANCARA
1.Kegiatan di Pondok Pesantren
   a.Apa saja kegiatan yang ada di Pondok Pesantren ?
   b.Bagaimana pelaksanaan di Pondok Pesantren ?

2.Metode pembelajaran yang ada di Pondok Pesantren
  a.Metode apa saja yang digunakan di Pondok Pesantren ?
  b.Bagaimana dengan proses pembelajaran menggunakan metode sorogan ?
  c.Apa saja tujuan menggunakan metode sorogan ?
  d.Kitab apa saja yang digunakan dalam metode sorogan tersebut ?

3.Hambatan dan faktor pendukung
   a.Apa saja faktor pendukung proses pembelajaran menggunakan metode sorogan ?
   b.Apa saja hambatan proses pembelajaran menggunakan metode sorogan ?

4.Solusi apa yang ditempuh untuk mengatasi hambatan atau problem yang dihadapi ?
   a. Bagaimana solusi yang ditempuh untuk mengatasi hambatan atau problem yang dihadapi tersebut ?
INSTRUMEN PEDOMAN PENELITIAN

A.PEDOMAN OBSERVASI
   1.Letak geografis Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin Desa Jatimulyo Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember.
   2.Keadaan sarana dan prasarana Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin Desa Jatimulyo Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember.
   3.Implementasi Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Membaca Kitab Fiqih Di Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin Jatimulyo Jenggawah Jember Tahun 2020/2021.

B.Pedoman Dokumenter
   1.Data profil Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin Jatimulyo Jenggawah Jember.
   2.Visi dan Misi Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin Jatimulyo Jenggawah Jember.
   3.Struktur organisasi Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin Jatimulyo Jenggawah Jember.
  4.Data jumlah guru Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin Jatimulyo Jenggawah Jember.
   5.Data jumlah santri Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin Jatimulyo Jenggawah Jember.
  6.Data jumlah sarana dan prasarana Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin Jatimulyo Jenggawah Jember.
  7.Dokumentasi tentang Implementasi Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Membaca Kitab Fiqih Di Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin Jatimulyo Jenggawah Jember Tahun 2020/2021.


DATA INFORMAN
Nama :
Jabatan : Pengasuh Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin
Hari, tanggal :
1.Perencanaan Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Membaca Kitab Fiqih Di Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin.
a.Bagaimana perencanaan metode sorogan (seperti Silabus dan RPP) sudah dilaksanakan di Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin ?
b.Apa saja yang perlu dipersiapkan dalam metode sorogan di Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin ?
c.Apa langkah-langkah perencanaan metode sorogan di Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin ?
d.Apa manfaat dari perencanaan metode sorogan di Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin ?

2.Pelaksanaan Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Membaca Kitab Fiqih Di Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin.
a.Bagaimana menurut kyai terkait dengan pelaksanaan metode sorogan di Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin ?
b.Apa saja yang perlu dipersiapkan dalam pelaksanaan metode sorogan, baik dalam tahap kegiatan pendahuluan/awal pembelajaran, inti pembelajaran, dan akhir pembelajaran di Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin ?
c.Apakah langkah-langkah pelaksanaan metode sorogan sudah berjalan dengan baik di Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin ?
d.Apa manfaat dari pelaksanaan metode sorogan dalam pembelajaran kitab fiqih sudah berjalan baik di Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin ?

3.Implementasi Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Membaca Kitab Fiqih Di Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin.
a.Bagaimana menurut kyai terkait kemampuan membaca santri setelah menggunakan metode sorogan ?
b.Apa saja yang perlu dilakukan oleh santri ketika belajar kitab fiqih menggunakan metode sorogan ?
c.Bagaimana cara mengevaluasi atau memberi penilaian terhadap santri yang belajar kitab fiqih dengan metode sorogan ?


DATA INFORMAN
Nama :
Jabatan :Ustadz Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin
Hari, tanggal :
1.Perencanaan Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Membaca Kitab Fiqih Di Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin.
a.Bagaimana perencanaan metode sorogan (seperti Silabus dan RPP) sudah dilaksanakan di Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin ?
b.Apa saja yang perlu dipersiapkan dalam metode sorogan di Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin ?
c.Apa langkah-langkah perencanaan metode sorogan di Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin ?
d.Apa manfaat dari perencanaan metode sorogan di Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin ?

2.Pelaksanaan Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Membaca Kitab Fiqih Di Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin.
a.Bagaimana menurut kyai terkait dengan pelaksanaan metode sorogan di Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin ?
b.Apa saja yang perlu dipersiapkan dalam pelaksanaan metode sorogan, baik dalam tahap kegiatan pendahuluan/awal pembelajaran, inti pembelajaran, dan akhir pembelajaran di Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin ?
c.Apakah langkah-langkah pelaksanaan metode sorogan sudah berjalan dengan baik di Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin ?
d. Apa manfaat dari pelaksanaan metode sorogan dalam pembelajaran kitab fiqih sudah berjalan baik di Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin ?

3.Implementasi Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Membaca Kitab Fiqih Di Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin.
a.Bagaimana menurut Ustadz terkait kemampuan membaca santri setelah menggunakan metode sorogan ?
b.Apa saja yang perlu dilakukan oleh santri ketika belajar kitab fiqih menggunakan metode sorogan ?
c.Bagaimana cara mengevaluasi atau memberi penilaian terhadap santri yang belajar kitab fiqih dengan metode sorogan ?


DATA INFORMAN
Nama :
Jabatan : Santri Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin
Hari, tanggal :
1.Perencanaan Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Membaca Kitab Fiqih Di Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin.
a.Apa saja yang perlu di persiapkan dalam pembelajaran kitab fiqih  yang menggunakan metode sorogan ?
b.Apa saja kesulitan dalam penerapan metode sorogan ?
c.Apa yang menarikdalam pembelajaran menggunakan metode sorogan?
d.Apa manfaat metode sorogan dalam pembelajaran kitab fiqih ?

2.Pelaksanaan Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Membaca Kitab Fiqih Di Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin.
a.Bagaimana menurut adik terkait dengan pelaksanaan metode sorogan di Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin ?
b.Apa saja yang perlu dipersiapkan dalam pelaksanaan metode sorogan, baik dalam tahap kegiatan pendahuluan/awal pembelajaran, inti pembelajaran, dan akhir pembelajaran di Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin ?
c.Apakah pelaksanaan metode sorogan sudah berjalan dengan baik di Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin ?
d.Apa manfaat dari pelaksanaan metode sorogan dalam pembelajaran kitab fiqih sudah berjalan baik di Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin ?

3.Implementasi Metode Sorogan dalam Pembelajaran Membaca Kitab Fiqih Di Pondok Pesantren Nahdlatul Mubtadiin.
a.Apa yang bisa adik buktikan terkait  keunggulan menggunakan metode sorogan ?
b.Apa saja yang perlu dilakukan oleh santri ketika belajar kitab fiqih menggunakan metode sorogan ?
c.Apa saja hal yang menarik ketika belajar kitab fiqih dengan metode sorogan ?

Posting Komentar untuk "Contoh Judul, Fokus Penelitian , dan Pedoman Wawancara"